Heboh Gempa 3,0 SR Mengguncang Gunung Kidul Yogyakarta Pagi Tadi Kedalam 10KM

BERITAION.COM – Mengenai informasi terkini mengenai kabar Gempa dengan kekuatan 3,0 Skala Richter yang sempat mengguncang Gunung Kidul Daerah Istimewa Yoygakarta pada pagi hari ini, Senin (18/8/2019).

Menurut kabarnya Gempa dengan kekuatan 3,0 Skala Richter (SR) ini terjadi saat pagi hari tadi pukul 07:25:35 WIB yang berkedalaman 10 Km dibawah permukaan Bumi. Titik Pusat awalnya berada di darat dengan jarak 12km barat laut Gunung Kidul.

Pertama kalinya gempa ini dirasakan di Bantul pada Skala MMI II yang berlokasikan di 7.97 Garis Lintang Selatan (LS)-110.5 Bujur Timur (BT).

Awal mula sebelum terjadinya gempa yang mengguncang Bali pagi ini yang berkekuatan 5SR terjadi pada pukul 05:51:59 WIB yang berpusat di laut 181 KM Barat Daya Jembrana.

Pihak BKMG sendiri menginformasikan bahwa para penduduk setempat harus berhati hati karena akan berpotensi Tsunami, Berikut adalah beberapa daerah pada Skala MMI, antara lain :

II Kuta
II Denpasar
II Banyuwangi
II Jember

Kabar gempa disiarkan oleh BMKG melalui situs resmi, bmkg.go.id.

BMKG juga menyiarkannya melalui cuitan Twitter @infoBMKG.

Berdasarkan Skala MMI sendiri berikut adalah gambaran keadaan dan dampak yang dirasakan seseorang terhadap guncangan gempa :

I MMI

Efek Getaran tidak terasa kecuali dalam keadaan luar biasa oleh sebagian besar orang.

II MMI

Getaran Mulai terasa oleh beberapa orang dan membuat benda benda ringan disekitar maupun yang digantung menjadi bergoyang.

III MMI

Getaran terasa sampai kedalam rumah seakan akan seperti ada truk yang sedang lewat.

IV MMI

Disiang hari akan terasa oleh orang orang yang berada disekitar pekarangan rumah seperti gerabah pecah, jendela pintu yang berderik, dan dinding mengeluarkan suara (efek getaran).

V MMI

Getaran yang dirasakan hampir semua penduduk yang membuat orang akan terbangun berserta barang yang pecah, terpelanting, tiang dan barang besar ikut bergoyang.

VI MMI

Getaran Kuat yang membuat penduduk kebanyakan berlarian dengan efek seperti plester dinding jatuh dan kerusakan ringan.

VII MMI

Seluruh orang akan keluar rumah yang terjadi karena efek getaran membuat kerusakan ringan pada rumah dan konstruksi bangunan, Namun bisa merusak bagnunan yang konstruksinya kurang baik.

VIII MMI

Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi kuat namun pada bagian konstruksi yang kurang kuat akan hancur secara hampir menyeluruh.

IX MMI

Getaran yang membuat rumah rumah dengan konstruksi kuat menjadi mulai retak sehingga rumah tampak tidak lurus dan membaut saluran pipa putus.

XI MMI

Getaran yang membuat hanya tersisa sedikit bangunan saja dan sampai mengakibatkan Jembatan menjadi rusak, terjadi lembah. dan pipa beserta rel kereta tidak dapat terpakai sama sekali.

XII MMI

Hancur total dan membuat efek gelombang pada tanah yang retak retak sampai terlempar ke udara.

Gempa Bantul dan Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here