Ptosis / Sagging payudara wanita adalah istilah yang digunakan untuk payudara wanita alami yang turun / kendur / melorot. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti merokok, genetika, penurunan berat badan cepat, dan usia. Anak perempuan harus ingat bahwa payudara dapat mulai turun pada usia dini tetapi ada tindakan pencegahan yang membantu menunda proses penuaan, menjaga payudara tetap sehat dan dalam kondisi yang baik. Dalam artikel ini, anda akan belajar tentang mitos tentang payudara yang sama sekali tidak benar serta mempelajari cara yang praktis untuk membantu mencegah masalah payudara lainnya.

Mitos 1: Alasan Utama Payudara Turun Karena Menyusui

Banyak wanita yang keliru menganggap fakta ini sebagai suatu kebenaran. Menyusui tidak memengaruhi penampilan ptosis payudara wanita, jumlah kehamilan lah yang benar-benar menyebabkan tubuh wanita serta payudara nya melorot. Mungkin ada alasan sederhana lain yang menyebabkan payudara melorot seperti gravitasi. Beberapa gadis bisa mengalami payudara kendur paling dini di usia 20 tahun.

Mitos 2: Push Up Dan Latihan Olahraga Lainnya Dapat Mengencangkan Payudara

Guru kebugaran menyarankan sejumlah latihan khusus untuk memperkuat otot-otot payudara tetapi dalam hal ini mereka juga tidak akan membuat payudara mengendur atau mengencangkannya. Payudara wanita utamanya terdiri dari kelenjar lemak dan kelenjar susu dan tidak ada latihan yang dapat mengubah bentuknya. Kulit menjadi kurang elastis seiring berjalannya usia dan kelenjar susu sendiri menjadi lebih kecil. Itulah mengapa payudara mulai terlihat “dikosongkan”. Latihan olahraga dapat membantu menguatkan otot di belakang payudara yang terletak di dada.

Mitos 3: Payudara Yang Kecil Tidak Akan Turun

Payudara kendur adalah perubahan yang terkait dengan usia yang tak terelakkan dan ukuran mereka tidak ada hubungannya dengan itu. Payudara dengan ukuran lebih besar cenderung kendur lebih awal tetapi ukuran payudara yang lebih kecil juga dipengaruhi oleh gravitasi, itulah sebabnya sulit bagi ligamen yang melemah karena usia untuk mengatasi beban berat.

Mitos 4: Bra Dapat Mencegah Payudara Turun

Bra membantu menahan payudara tegak dan merupakan bagian dari pakaian wajib bagi wanita. Namun, pemakaian bra yang konstan terus menerus dapat menyebabkan potensi payudara menjadi kendur. Karena bra mengangkat payudara dan meringankan kerja ligamen, yang membuat mereka menjadi lebih lemah, memperburuk kemampuan mereka untuk menahan payudara secara alami. Anda tidak boleh berhenti mengenakan bra sepenuhnya terutama jika anda merasa tidak nyaman atau sakit saat berolahraga atau tidur misalnya, tetapi anda juga tidak boleh memakainya terus-terusan tanpa henti.

Mitos 5: Ukuran Bra Yang Terlalu Besar Bisa Membuat Payudara Turun

Tidak ada penelitian yang membuktikan mitos ini benar. Tetapi bra yang berukuran terlalu besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang mengakibatkan iritasi kulit dari kulit yang bergesekan.

Mitos 6: Jogging Menjaga Payudara Tetap Kencang

Jogging dan kegiatan olahraga lainnya tidak diragukan lagi berguna untuk tubuh. Tetapi wanita harus ingat bahwa payudara juga bergerak secara intensif saat jogging. Jenis gerakan ini tidak mengencangkan ligamen yang membentang, tetapi dapat menyebabkan melorot.

Mitos 7: Pijat Air Dapat Mengangkat Payudara Yang Turun

Memijat diri dengan aliran air pasti terasa menyenangkan dan dapat membantu menjaga kulit tetap kencang. Namun sayangnya itu tidak mempengaruhi kekuatan ligamen dan tidak dapat mengangkat kembali payudara yang kendur.

Mitos 8: Krim Dan Minyak Membantu Mengangkat Payudara Yang Turun

Sayangnya, tidak ada obat ajaib seperti itu. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak ada obat kosmetik yang dapat membantu masalah payudara yang sudah kendur. Namun demikian, disarankan untuk menggunakan barang-barang kosmetik untuk mendukung warna kulit, itu dapat membantu menunda penurunan di masa depan.

Mitos 9: Tidak Mungkin Mencegah Payudara Turun

Cepat atau lambat usia akan mengambil alih dan itu lebih baik jika terjadi nanti. Payudara yang kendur tidak dapat diangkat dengan bantuan produk kosmetik atau latihan, namun, ada berbagai metode bedah yang membantu menyelesaikan masalah. Untungnya, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat membantu Anda menghindari penuaan dini.

Pencegahan Payudara Kendur

1. Jangan berdiri lama di bawah sinar matahari dan ingatlah untuk menggunakan tabir surya karena kulit kehilangan elastisitasnya karena sinar ultraviolet.
2. Jangan pakai bra setiap saat. Gunakan bra yang suportif khusus saat melakukan aktivitas sporty, terutama joging. Yang paling efektif adalah bra dengan cup terpisah untuk setiap payudara.
3. Perlu diingat bahwa merokok memicu penuaan kulit dini, termasuk kulit payudara karena menghancurkan protein elastis. Merokok adalah salah satu penyebab utama payudara turun.
4. Lakukan olahraga yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan selain payudara anda.
5. Jaga pola makan seimbang dan perhatikan unsur-unsur yang dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda seperti protein, vitamin, dan antioksidan.
6. Krim dan losion yang memperkuat elastisitas dapat sangat membantu selama payudara belum mulai kendur.

Bonus: Manfaat Sayur Kol / Daun Kubis

Daun kubis membantu menenangkan payudara yang bengkak dan teriritasi serta mengurangi rasa ketidaknyamanan atau rasa sakit yang disebabkan oleh menyusui atau memakai bra yang tidak nyaman. Dinginkan kubis di lemari es, tarik beberapa daun dari dalam, dan cuci keringkan. Tempatkan daun pada payudara anda hindari area putingnya. Simpan di payudara anda sampai mereka hangat, lalu keluarkan.

Mitos mana yang dulu Anda percayai? Apakah Anda memiliki rahasia lain untuk merawat payudara? Silakan berbagi dengan ionwin di komentar!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here