Pro Dan Kontra Dari Minum Kopi Yang Perlu Anda Ketahui – Kopi menjadi salah satu minuman yang nikmat. Hal ini telah menjadi subyek bagi banyak penelitian di mana para ilmuwan telah mencoba untuk mengetahui bagaimana hal tersebut mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa orang berpendapat bahwa secangkir kopi panas di pagi hari memiliki dampak positif bagi tubuh kita, membantu kita untuk memulai hari kita dengan semangat. Namun, di sisi lain juga memperingatkan kita bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan risiko penyakit kronis di masa depan.

Bagaimana dengan kebenarannya? Untuk membuktikan ini, berikut informasi sederhana untuk membantu anda agar lebih memahami semua manfaat dan risiko bagi kesehatan anda yang dapat muncul dari minum secangkir kopi.

Pro: Kopi kaya akan sumber antioksidan, vitamin, mineral, dan protein.

Kontra: Minum kopi secara berlebihan bisa berbahaya.

Pro: Konsumsi kafein dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit seperti parkinson, alzheimer, diabetes, batu empedu, kanker esofagus / kerongkongan, kanker rongga mulut, serangan asma, gangguan jantung, stroke, gangguan hati.

Kontra: Efek negatif seperti gangguan tidur, halusinasi pendengaran, kafein dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral (misal zat besi, magnesium, zinc), kopi dapat meningkatkan tekanan darah atau darah tinggi, menyebabkan efek diuretik ringan (kopi dapat menyebabkan dehidrasi dan kehabisan vitamin B dan C seperti zat kalsium, besi, zinc), menyebabkan warna gigi berubah, membuat perut jadi mulas.

Pro: kafein dapat membantu efektivitas dari obat penghilang rasa sakit, kopi dapat meringankan nyeri otot ketika sedang latihan olahraga, ampas kopi juga bagus untuk menyuburkan tanaman di kebun anda karena membantu menciptakan tanah yang kaya akan nitrogen

Kontra: Memanggang biji kopi diperlukan suhu yang sangat tinggi yang menyebabkan pembentukan zat karsinogen, termasuk zat kreosot, tar, hidrokarbon aromatik. Tanaman kopi termasuk tanaman yang paling banyak menggunakan pestisida di dunia.

Wanita yang minum sedikitnya 5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dengan persentase sebesar 57% dibandingkan dengan yang minum kurang dari secangkir kopi seharinya. Wanita yang peminum berat kopi juga dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara sebesar 20%. Pria yang minum 6 cangkir kopi sehari dapat membantu mengurangi risiko pembentukan kanker prostat hingga 60%.

Baca juga Mengenal Macam-macam Kopi Dari Berbagai Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here