Manfaat Makan Daging Kambing – Daging kambing adalah sumber protein yang sangat mudah ditemukan dan juga memiliki banyak peminat. Termasuk menjadi daging merah yang paling umum dikonsumsi di dunia. Berbagai olahan daging kambing mulai dari sate, kari, tongseng, nasi kebuli, dan masih banyak lagi olahan lainnya yang pasti sudah tidak asing.

Meskipun kambing juga diketahui bisa menaikkan kadar kolesterol dan tekanan darah, tetapi daging kambing juga memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Berikut beberapa manfaat dari daging kambing.

1. Konsumsi daging kambing dapat menurunkan risiko bagi seseorang yang diduga memiliki peradangan di pembuluh darah dan dapat menstabilkan detak jantung. Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung koroner, disarankan untuk hanya makan daging kambing dan jauhi bagian lemak. Ada beberapa resep sehat yang bisa ditemukan dari buku masak atau dari internet tentang cara menyiapkan daging kambing.

2. Memiliki CLA (Conjugated Linoleic Acid, asam lemak yang banyak ditemukan dalam daging dan produk susu daging kambing), yang merupakan asam lemak pencegah kanker dan radang. Daging kambing paling banyak ‘isi‘ nya untuk ukuran hewan pemakan rumput. Satu-satunya lemak trans baik dan alami yang terdapat dalam daging ini. Hal ini juga bisa ditemukan pada susu hewan yang dipelihara di padang rumput.

3. Bagi anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan, ada vitamin B dalam daging kambing yang membantu membakar lemak di tubuh anda. Selain itu, juga tinggi protein dan lebih rendah lemak jenuh dibandingkan dengan daging sapi. Protein yang ditemukan dalam daging kambing berperan untuk menekan rasa lapar dan menjaga perut agar tetap kenyang, sehingga dapat membantu anda mengelola berat badan.

4. Terdapat selenium dan klorin dalam daging kambing yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

5. Wanita hamil juga dapat mengambil manfaat dari makan daging kambing karena mencegah anemia, dengan meningkatkan kadar hemoglobin darah pada ibu dan meningkatkan suplai darah ke bayi karena daging kambing mengandung jumlah besi yang tinggi (3 mg besi / 100 gram daging kambing), dan membantu sirkulasi darah. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Meskipun banyak ibu hamil takut makan kambing, tetapi sebenarnya daging kambing dapat membantu mencegah cacat lahir selama dimasak dengan benar dan dengan tingkat kematangan yang baik.

6. Mencegah anemia bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi. Daging kambing juga membantu mengurangi rasa nyeri saat sedang haid.

7. Mengandung vitamin B12 yang tinggi dalam daging kambing yang dapat membantu mencegah stres dan depresi. B12 juga sangat bermanfaat untuk penampilan kulit yang sehat.

8. Daging kambing kaya akan asam lemak omega 3, yang termasuk salah satu lemak baik. Membantu menurunkan kadar trigliserida, rheumatoid arthritis karena dapat mengurangi kaku dan nyeri sendi. Anak-anak dengan ADHD dan autisme juga bisa mendapatkan manfaat ini.

9. Potasium dan natrium yang rendah, yang berguna untuk mengontrol tekanan darah, dan mencegah stroke dan penyakit ginjal.

10. Kalsium yang terkandung oleh daging kambing juga baik untuk tulang dan bagi mereka yang menderita osteoporosis.

Makan Apel Jangan Dibuang Kulitnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here