Tips Yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Anda Basah – Jujur saja, kejadian ini adalah salah satu mimpi terburuk kita. Anda secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel anda di bak mandi, atau bahkan lebih buruk lagi jatuh di kloset kamar mandi, atau jatuh ke kolam air dari saku anda, atau telepon anda basah saat berjalan di tengah hujan. Garansi tidak mencakup kerusakan apa pun yang disebabkan oleh air dan semua foto serta percakapan anda dapat hilang dalam momen sekejap! Itu saja sudah cukup untuk menyebabkan serangan jantung kecil pada beberapa orang.

Berikut adalah beberapa tips pertolongan pertama untuk menyelamatkan ponsel anda yang tenggelam.

1. Segera angkat ponsel dari air

Mungkin anda berpikir bahwa sudah terlambat dan bahkan tidak perlu terburu-buru untuk mengangkatnya. Namun, setiap detik penting, dan jika anda beruntung, anda masih memiliki kesempatan untuk menyimpan ponsel Anda.

2. Matikan ponsel

Lebih sering daripada tidak, ponsel anda akan mati secara otomatis ketika jatuh ke air, tetapi jika tidak, jangan ragu untuk mematikannya atau mengeluarkan baterai untuk mematikannya secara instan. Ini akan melindunginya dari korslet hubungan arus pendek.

3. Keluarkan baterai (jika memungkinkan)

Jika Anda memiliki ponsel yang tidak memungkinkan anda untuk melepas baterai, misal seperti ponsel iPhone, lewati langkah ini. Tetapi jika mungkin untuk mengeluarkan baterai dari telepon, lakukan tanpa ragu-ragu. Ini akan membantu mencegah ponsel mati total. Anda akan memotong pasokan energi dan menghindari kerusakan lebih lanjut.

4. Keluarkan kartu sim dan memori

Lepaskan semua penutup dan konektor yang menutupi celah dan slot di telepon. Tepuk-tepuk ponsel anda dengan kain mikrofiber atau handuk (disarankan untuk tidak menggunakan kertas karena partikel dapat menyumbat di celah telepon).

5. Masukkan ke dalam kantong vakum

Dengan cara ini anda dapat mengeluarkan air yang berada di sekitar slot dan area yang sulit dijangkau. Masukkan telepon ke dalam kantong plastik dan kosongkan udara, sehingga menciptakan efek vakum. Ini akan menyedot cairan keluar dari bagian dalam ponsel.

6. Taruh dalam semangkuk nasi atau penyerap lainnya

Tidak, ini bukan mitos. Mengeringkan telepon dengan sapu tangan tidak memungkinkan anda untuk menjangkau di dalam ponsel, dan anda akan membutuhkan sesuatu untuk menyerap kelembapan seperti beras yang belum dimasak. Masukkan telepon dan semua bagiannya ke dalam semangkuk nasi dan biarkan selama sekitar dua hari. Anda dapat menggunakan bahan alternatif lain yang menyerap air seperti silika gel (biasanya ditemukan dalam makanan kering, vitamin, atau kotak sepatu baru).

7. Hidupkan, kemudian berdoalah

Meskipun teknisi memperingatkan bahwa kemungkinan kerusakan pada ponsel jika jatuh ke dalam air sangat tinggi, kami tetap optimis dan selalu percaya pada hasil yang positif. Sangat penting untuk memberikan ponsel anda setidaknya dua hari untuk mengeringkan dan menahan keinginan anda untuk menyalakannya, karena jika partikel air kecil tetap berada di dalam, semua upaya anda akan sia-sia. Semoga berhasil!

Baca juga Tips membersihkan lensa kamera ponsel anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here