BERITAION.COM – Jakarta Biksu atau Bhiksu dari bahasa Sansekerta adalah panggilan yang diserahkan kepada seseorang pria yang sudah ditahbiskan dalam lingkungan biara Buddhis. Kata ini sering dirujukkan jadi rohaniawan agama Buddha.

Biksu sama dengan baju dharma mereka yang umumnya berwarna oranye dengan cuma kelihatan seperti kain memiliki ukuran besar. Diluar itu seseorang biksu yang kerpa didapati mempunyai tampilan yang simpel serta berkepala botak. Ini jadi bentuk orang tersebtu tinggalkan beberapa hal duniawi. Untuk melepas duniawi diantaranya dengan tidak berdandan.

Walau erat dengan skema kehidupan yang tinggalkan duniawi, belakangan ini viral cerita 4 calon biksu muda yang sukses memenangkan kompetisi Esport.

Cerita mengagumkan yang berlangsung di Thailand ini langsung jadi viral di sosial media. Deretan photo yang menunjukkan peristiwa sang calon biksu terima penghargaan di kompetisi Esport itu juga mengundang perhatian warganet.

Kompetisi Esport di Universitas

satu universitas di Thailand persisnya Kampus Khon Kaen menyelanggarakan turnamaen esport. Universitas yang ada di Mueang Khon Kaen District ini membuat kompetisi esport sepanjang tiga hari beruntun semenjak 15 sampai 18 Agustus 2019 kemarin.

Dari beberapa peserta yang ikuti kompetisi game ini ada figur yang mengundang perhatian yakni 4 calon biksu yang turut memeriahkan. Dengan tampilan ciri khas biksu, mereka ketertarikan ikuti kompetisi itu.

Kampus Khon Kaen memang tidak cuma membuat persaingan yang berbasiskan akademik tapi KKU Nong Khai Fair 2019 membuat persaingan esports. Team bhikkhu (biksu) ialah senior sekolah menengah yang belajar di Balee Sathit Suksa, satu sekolah di Thailand yang diketahui untuk mendidik beberapa biksu muda di propinsi timur laut Thailand.

Bisa Suport dari Kepala Biksu

Sebelum coba ikuti kompetisi esports itu rupanya beberapa calon biksu muda itu minta izin terlebih dulu pada kepala biksu dari sekolah mereka.

“Beberapa pemula ini ingin coba masuk persaingan, jadi kami memberikan mereka peluang itu. Tetapi, kami tidak mengharap mereka betul-betul menang”, kata Kokkiad Chaisamchareonlap, koordinator akademik sekaligus juga kepala biksu di sekolah Balee Sathit Suksa, diambil dari World of Buzz.

Menurut dia, walau sekolah ini diperuntukkan untuk siswa biksu pemula, mereka cuma belajar agama sepanjang 20 jam satu minggu. Tersisa waktu sekolah itu mereka dihabiskan untuk kurikulum yang lebih tradisionil.

BACA JUGA : Viral Penampakan Sosok Bayangan Hitam Yang Mengikuti Ruben

Dari World of Buzz didapati jika beberapa siswa ini dikenalkan ke dunia olahraga lewat kelas computer yang memang disenangi oleh beberapa murid dari sana. Mereka mulai berlatih tiap hari kapan juga mereka punyai waktu.

Jadi Juara Kompetisi Esport

Minat biksu muda ini nyatanya membawa hasil. Ke empat calon biksu itu sukses jadi juara kompetisi esport di Kampus Khon Kaen itu. Demikian ada di atas panggung untuk ambil hadiah mereka, beberapa biksu muda itu mendapatkan tatapan bingung dari beberapa peserta yang lain.

Tampilan beberapa biksu dari sekolah menengah atas itu selanjutnya menebar dengan online, memperoleh banyak reaksi positif dari warga. Walau demikian, ada pula beberapa netizen yang tidak suka pada kemenangan dari beberapa biksu muda itu. Beberapa netizen menjelaskan jika mereka semestinya tidak butuh memakai baju biksu untuk turut kompetisi itu sebab seakan tidak menghormati beberapa biksu yang semestinya tinggalkan duniawi.

Opini itu nyatanya disikapi langsung oleh kepala sekolah beberapa biksu itu.

“Beberapa siswa itu hanya beberapa anak, seperti orang seusia mereka yang butuh tumbuh, meningkatkan ketrampilan mereka serta mendalami ketertarikan mereka.” balas kepala sekolah, diambil dari World of Buzz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here